You are currently viewing Apa itu Advertising Agency? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu Advertising Agency? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu Advertising Agency? Pengertian dan Fungsinya. Advertising agency adalah suatu usaha atau bisnis di bidang jasa yang bertujuan untuk membuat, merancang, dan menangani iklan iklan untuk para kliennya. Pada umumnya, perusahaan jasa ini bersifat independen yang sangat berorientasi untuk meningkatkan brand atau penjualan dari para klien mereka.

Apa itu Advertising Agency

Table of Contents

Pengertian:

Advertising agency bekerja untuk menyediakan suatu sudut pandang baru untuk meningkatkan penjualan dari produk atau jasa sang klien. Selain itu, juga mampu menangani keseluruhan strategi marketing dan branding milik para klien. Perusahaan ini biasanya menggunakan strategi-strategi yang kreatif dan unik guna memberikan campaign iklan yang berbeda dari para kompetitor. Mereka akan memberikan ide yang segar, unik untuk iklan para klien, agar iklan tersebut bisa menarik bagi para audience.

Beberapa tahun terakhir, agency adalah salah satu perusahaan primadona atau favorit yang menjadi tujuan generasi milenial dan gen-Z. Alasan mereka pun beragam. Mulai dari ingin mengejar karier kreatif, menyukai company culture yang cocok dengan anak muda, atau bahkan jam kerja yang fleksibel. Meskipun begitu, banyak orang yang hanya mengenal advertising agency saja. Padahal, terdapat banyak jenis agency di luar sana.

Apa Tugas Advertising Agency?

Biasanya, para tim agency ini akan melakukan penelitian terhadap produk yang akan Anda pasarkan. Penelitian ini berfungsi agar:

  1. Mengetahui target pasar produk anda
  2. Audience atau konsumen anda
  3. Iklan dari kompetitor
  4. Kelebihan dan kekurangan dari produk anda.
    Hasil dari semua data tersebut nantinya akan digunakan untuk merencanakan campaign iklan anda agar iklan anda dapat terdistribusikan dengan baik dan relevan bagi para konsumen anda. Hal yang harus dilakukan oleh ads agency jika sudah mendapatkan data tersebut ialah melakukan implementasi atau membuat iklannya.

Tugas ads agency yang lain adalah sebagai berikut:

  1. Membuat rencana iklan: melakukan perencanaan pemilihan kanal untuk target audience
  2. Menambahkan ide-ide kreatif: menuangkan ide-ide kreatif mereka ke campaign iklan
  3. Membuat budgeting cost: membantu klien untuk menentukan budget yang sesuai dan tepat

Demikianlah paparan mengenai Apa itu Advertising Agency  dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan